.

Tanggal : WIB

Hakim Mediator Berhasil Mendamaikan Perkara Lain-lain di Pengadilan Agama Kuala Tungkal

Kuala Tungkal - Perkara pembatalan hibah di PA Kuala Tungkal menjadi sorotan berbagai kalangan mengingat Pihak dalam perkara tersebut yaitu ayah menggugat anak kandungnya sendiri. 

Perkara tersebut telah berhasil dimediasi oleh Ketua PA Kuala Tungkal Zakaria Ansori, S.HI, MH. Mediator yang merupakan Ketua PA tersebut hanya membutuhkan sekali pertemuan saja yaitu pada 21 Okt 2020. Menurut mediator kunci mediasi pada perkara ini terletak pada 3 H (Hati, Harapan dan Hukum).

"Saya berusaha menggali kepentingan dan solusi dari para pihak dengan menggunakan pendekatan hati ke hati bagaimana mengingatkan hubungan darah diantara para pihak, kemudian memperkuatnya dengan paradigma bahwa proses mediasi harus diutamakan sebagai harapan penyelesaian sengketa, serta para pihak kepentingannya dijamin oleh hukum melalui akta perdamaian. Kemudian membalut nuansa mediasi dengan pendekatan kekeluargaan dan sedikit siraman nasehat agama. Kunci terakhir yang paling penting adalah membuat kekompakkan diantara kuasa hukum para Penggugat dan para turut Tergugat agar memiliki tujuan yang sama yaitu perdamaian para pihak”, ujar beliau.

Perkara ini diselesaikan oleh Pengadilan Agama Kuala Tungkal dengan melalui akta perdamaian. Proses mediasi menjadi harapan penyelesaian perkara yang efektif, cepat, sederhana dan biaya ringan. Trend keberhasilan mediasi ini menjadi citra positif dan harapan yang baik bagi PA Kuala Tungkal dan para pencari keadilan tentunya. (E.W)

Informasi dan data pada WebPortal ini dipublikasikan oleh Pengadilan Agama Kuala Tungkal dengan tujuan penyediaan Informasi Publik. Dan untuk dapat menggunakan layanan ini Anda WAJIB menyetujui Disclaimer ini. Ada kemungkinan bahwa informasi yang tersedia dalam database ini mungkin berisi referensi atau informasi yang belum terupdate sehingga tidak ada jaminan bahwa data dan informasi yang tersedia dalam kondisi akurat, lengkap, terkini atau pun sesuai untuk tujuan spesifik lainnya. Pengadilan Agama Kuala Tungkal yang menyediakan data, tidak bertanggung jawab atas kerugian baik langsung ataupun tidak langsung, pengeluaran dan biaya yang diakibatkan oleh pihak lain yang menggunakan informasi dan data yang tersedia pada WebPortal ini.
Copyright © 2016 - 2019 | PA.Kuala Tungkal