.

Tanggal : WIB

PA Kuala Tungkal Mengikuti Zoom Meeting Bimbingan dan Evaluasi Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM

Kuala Tungkal - Senin, 22/2/21, di media center Pengadilan Agama Kuala Tungkal mengikuti acara Zoom meeting yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung. Berdasarkan surat Nomor 485/DJA/HM.00/2/2021 yang dikeluarkan di Jakarta, 18 Februari 2021, perihal Bimbingan dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK/WBBM.

WhatsApp Image 2021 02 22 at 08.53.10

Kegiatan zoom meeting ini dilakukan mulai pukul 08.30 WIB, Kegiatan tersebut dihadiri oleh 445 partisipan yang masing-masing partisipan mewakili satu satuan kerja, dengan dihadiri oleh pimpinan, wakil pimpinan, dan seluruh koordinator pada 6 area pembangunan ZI (Manajemen Perubahan; Penataan Tata Laksana; Penataan Manajemen SDM; Penguatan Akuntabilitas Kinerja; Penguatan Pengawasan; dan Peningkatan Kualitas Layanan Publik). Zoom meeting tersebut juga dihadiri oleh narasumber dari Dirjen Badilag MA yaitu Bapak Muhammad Anis, SE., Ak dan Eka Sari Kurniawati sebagai auditor Badan Pengawasan (Bawas) MA-RI, dan Jukdi ST sebagai auditor muda Bawas.

Pimpinan dan para hakim serta koordinator masing area sangat khusus mengikuti bimbingan dan evaluasi zoom meeting tersebut, Narasumber mengatakan, Bahwa evaluasi ZI akan dilaksanakan mulai awal Maret dan berakhir pada tanggal 31 Mei 2021. Kriteria dalam penilaian ZI didasarkan pada Permenpan-RB No. 10 Tahun 2019 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM, yaitu batasan evaluasi yang ditentukan pada setiap area penilaian adalah sebesar 60%. Standar nilai yang ditentukan untuk WBK adalah 60, sedangkan WBBM adalah 75. Nilai tersebut berlaku untuk setiap area pembangunan ZI, yang berarti apabila terdapat satu area yang tidak memenuhi standar, satker tersebut tidak bisa diusulkan untuk dievaluasi oleh Tim Penilai Internal (TPI).

WhatsApp Image 2021 02 22 at 08.53.03

Ada beberapa hal yang menyebabkan TPI gagal mengevaluasi satker, mayoritas terjadi pada area III (Penataan Manajemen SDM), dan area VI (Peningkatan Kualitas Layanan Publik). Salah satu penyebabnya adalah tidak mutakhirnya dokumen yang diunggah ke website pmpzi. Dirjen Badilag MA RI menghimbau agar setiap satker dapat memperhatikan kemutakhiran dokumen yang diunggah.

Terdapat tips yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Anis, SE., Ak agar apat lolos ZI menuju WBK/WBBM, di antaranya adalah Komitmen pimpinan dan komitmen bersama; Peningkatan kinerja pelayanan; Menciptakan program/kegiatan/inovasi yang menyentuh masyarakat; Monitoring dan Evaluasi; Pastikan Pengisian Survey Kepuasan Masyarakat; Memberikan Paparan Perkembangan dan Kemajuan ZI masing-masing area; Latihan Presentasi Masing-masing Area; Pastikan Inovasi yang dibuat dapat Beroperasi dan Bermanfaat; Pelayanan PTSP terus di monitor; Perbanyak Public Campaign; Lengkapi Fasilitas Penunjang; serta Berdoa semoga usaha dan kerja keras dimudahkan oleh Allah dan sukses. (E.W)

Informasi dan data pada WebPortal ini dipublikasikan oleh Pengadilan Agama Kuala Tungkal dengan tujuan penyediaan Informasi Publik. Dan untuk dapat menggunakan layanan ini Anda WAJIB menyetujui Disclaimer ini. Ada kemungkinan bahwa informasi yang tersedia dalam database ini mungkin berisi referensi atau informasi yang belum terupdate sehingga tidak ada jaminan bahwa data dan informasi yang tersedia dalam kondisi akurat, lengkap, terkini atau pun sesuai untuk tujuan spesifik lainnya. Pengadilan Agama Kuala Tungkal yang menyediakan data, tidak bertanggung jawab atas kerugian baik langsung ataupun tidak langsung, pengeluaran dan biaya yang diakibatkan oleh pihak lain yang menggunakan informasi dan data yang tersedia pada WebPortal ini.
Copyright © 2016 - 2019 | PA.Kuala Tungkal