.

Tanggal : WIB

Bubur Asyura, Tradisi Keluarga Besar PA Kuala Tungkal Memperingati 10 Muharram

Kuala Tungkal - Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang disebut Asyhurillah al-Hurum yakni bulan Allah yang mulia.

Dalam bulan ini disunahkan melakukan puasa, utamanya pada tanggal 9 (hari Tasu’a) dan 10 Muharram (hari Asyura) yang secara khusus dianjurkan oleh Nabi Muhammad.

Dalam bulan ini juga terdapat hari bersejarah yaitu hari Asyura. Hari yang jatuh pada tanggal 10 Muharram ini merupakan hari bersejarah dalam Islam.

Banyak peristiwa besar terjadi di dalamnya. Hal itu yang hingga kini masih dipertahankan Keluarga Besar PA Kuala Tungkal.

Peristiwa 10 Muharram ini seperti diterimanya pertaubatan Nabi Adam, selamatnya Nabi Nuh dan umatnya dari banjir bandang dan lain sebagainya. Karena kemuliaan hari Asyura, ulama menyebut terdapat beberapa amalan yang dianjurkan pada hari tersebut.

Kemudian Keluarga Besar PA Kuala Tungkal melaksanakan wiridan 10 Muharram dan kemudian dengan membagi-bagikan bubur Asyura.

Pembuatan bubur Asyura merupakan tradisi yang sudah dilakukan secara turun-temurun oleh Kelurga Besar PA Kuala Tungkal.  Kelurga Besar PA Kuala Tungkal yang didominasi oleh perempuan secara bergotong-royong membuat bubur ini.

"Pembuatan bubur Asyura adalah tradisi Keluraga Besar PA Kuala Tungkal sejak 10 an tahun lalu, di dalam bubur ini terdapat 41 macam bahan makan yang diaduk dalam satu adonan," ungkap Hj. Srikandi, salah satu pemasak bubur 'Asyura di PA Kuala Tungkal, Selasa (10/9).

Hj. Srikandi mengatakan bahwa pembuatan bubur Asyura dilakukan Keluarga Besar PA Kuala Tungkal setiap tahunnya dan sudah menjadi sebuah tradisi yang melekat dan wajib untuk dilestarikan. (E.W)

 

 

 

 

Informasi dan data pada WebPortal ini dipublikasikan oleh Pengadilan Agama Kuala Tungkal dengan tujuan penyediaan Informasi Publik. Dan untuk dapat menggunakan layanan ini Anda WAJIB menyetujui Disclaimer ini. Ada kemungkinan bahwa informasi yang tersedia dalam database ini mungkin berisi referensi atau informasi yang belum terupdate sehingga tidak ada jaminan bahwa data dan informasi yang tersedia dalam kondisi akurat, lengkap, terkini atau pun sesuai untuk tujuan spesifik lainnya. Pengadilan Agama Kuala Tungkal yang menyediakan data, tidak bertanggung jawab atas kerugian baik langsung ataupun tidak langsung, pengeluaran dan biaya yang diakibatkan oleh pihak lain yang menggunakan informasi dan data yang tersedia pada WebPortal ini.
Copyright © 2016 - 2019 | PA.Kuala Tungkal