.

Tanggal : WIB
Pengadilan Agama Kuala Tungkal mengikuti Sosialisasi Aplikasi Romantik dari BPS Tanjung Jabung Barat

Pengadilan Agama Kuala Tungkal mengikuti Sosialisasi Aplikasi Romantik dari BPS Tanjung Jabung Barat

Kuala Tungkal - Tahukah #SahabatDilag bahwa penyelenggara survei statistik sektoral wajib memberitahukan rencana penyelenggaraan surveinya kepada BPS? Hal tersebut sudah dijelaskan dalam UU No. 16/1997 tentang Statistik, PP No. 51/1999 tentang Penyelenggaraan Statistik, Kepka BPS No. 7/2000, dan Perka BPS No. 9/2009.

WhatsApp Image 2021 09 23 at 09.28.52

Dalam produk-produk hukum tersebut tercantum bahwa penyelenggara wajib mengikuti rekomendasi penyelenggaraan survei yang diberikan oleh BPS. Tujuannya agar menghindari duplikasi kegiatan statistik dan menyusun database metadata statistik sektoral. 

Saat ini, Pengadilan Agama Kuala Tungkal menjadi yang pertama di Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang menerapkan mekanisme rekomendasi kegiatan statistik yang diberikan oleh BPS Tanjung Jabung Barat telah didukung oleh aplikasi berbasis online ini. "Sistem tersebut sengaja kita beri nama yang cukup gaul, yaitu ROMANTIK Online, untuk " jelas Oemar Syarief Wibisono, SST dari BPS Tanjung Jabung Barat pada acara sosialisasi Aplikasi Romantik, Kamis 23 September 2021 di Media Center Pengadilan Agama Kuala Tungkal     yang diikuti oleh Jajaran Pengadilan Agama Kuala Tungkal.

 

WhatsApp Image 2021 09 23 at 11.24.06

ROMANTIK Online yang merupakan kepanjangan dari Rekomendasi Kegiatan Statistik Online adalah sistem aplikasi berbasis web untuk pengelolaan mekanisme rekomendasi kegiatan statistik sektoral. Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi tersebut dapat dilihat pada alamat https://romantik.bps.go.id.

Pengadilan Agama Kuala Tungkal Sukses Gelar Sidang Isbat Nikah Terpadu di Kecamatan Tebing Tinggi

Pengadilan Agama Kuala Tungkal Sukses Gelar Sidang Isbat Nikah Terpadu di Kecamatan Tebing Tinggi

ig16092021

 

Di Indonesia, khususnya Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, masih ada banyak masyarakat yang melakukan pernikahan di bawah tangan, tanpa melakukan pencatatan di Kantor Urusan Agama Setempat. Sehingga status perkawinan masih belum tercatat pada dokumen Negara. Padahal Indonesia merupakan negara wilayah hukum, dimana segala hal tercatat dalam aturan perundang-undangan. Untuk mempermudah layanan masyarakat dalam mengurus dokumen pernikahan yang belum tercatat, Pengadilan Agama Kuala Tungkal menggelar Sidang Isbat Nikah Terpadu sehingga pihak / Peserta sidang isbat nikah akan mendapatkan langsung Buku Nikah, KTP, KK serta Akta Kelahiran anak.

Itsbat nikah” adalah pengesahan nikah seorang laki-laki dan perempuan muslim yang pernikahannya telah dilaksanakan dan memenuhi syarat, rukun perkawinan namun tidak dicatatkan di Kantor Urusan Agama (KUA).

Kamis, 16 September 2021 Pengadilan Agama Kuala Tungkal bekerjasama dengan Kementerian Agama dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanjung Jabung Barat, menggelar sidang Isbat Nikah Terpadu di Kecamatan Tebing Tinggi. Pada pukul 09.00 WIB.

Setelah acara pembukaan, dilaksanakan Sidang Istbat Nikah Terpadu yang dimulai pada pukul 10.00 WIB. Sebanyak 48 pasang suami istri disidangkan oleh Hakim Pengadilan Agama Kuala Tungkal. Acara dilaksanakan secara tertib dan sukses dengan tetap mematuhi protokol kesehatan saat ini.

Kemudian beberapa masyarakat dalam wawancaranya mengatakan bahwa sangat-sangat berterima kasih kepada Pengadilan Agama Kuala Tungkal, Dukcapil dan Kementrian Agama telah melaksanakan Sidang Isbat Nikah Terpadu karena sangat membantu mereka yang sudah menikah tapi belum memiliki buku nikah dan akte kelahiran anak, sehingga kepemilikan status hukum perkawinan dan kependudukan akan tercatat dalam dokumen negara. Dengan adanya Sidang Terpadu ini  maka secara langsung dapat memangkas biaya, serta waktu karena tim Itsbat Nikah Terpadu hadir ke tengah masyarakat sehingga masyarakat tidak perlu datang ke Pengadilan Agama, Ke KUA serta Dukcapil. (DL)

Pengadilan Agama Kuala Tungkal Mendapat Pendampingan Zona Integritas Dan Akreditasi Penjaminan Mutu Dari PTA Jambi

Pengadilan Agama Kuala Tungkal Mendapat Pendampingan Zona Integritas Dan Akreditasi Penjaminan Mutu Dari PTA Jambi

Kuala Tungkal, Rabu 15 September 2021. Bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Agama Kuala Tungkal. Hakim Tinggi Dr. Buang Yusuf, S.H., M.H dari Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Jambi memberi pendampingan ZI dan APM dari Sekretaris PTA Jambi H. Idris Latif, S.H., M.H kegiatan ini dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Para Hakim serta seluruh Jajaran Kesekretariatan dan Kepaniteraan Pengadilan Agama Kuala Tungkal.

WhatsApp Image 2021 09 15 at 12.09.41

Kedatangan Bapak Dr. Buang Yusuf, S.H., M.H beserta Staf PTA Jambi langsung di sambut oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera, dan Plt. Sekretaris PA Kuala Tungkal di Loby Gedung PA Kuala Tungkal. Sempat beliau juga berkeliling gedung untuk melihat kesiapan sarana dan prasarana PA Kuala Tungkal serta memberi arahan dan masukan dalam penilaian Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

WhatsApp Image 2021 09 15 at 21.43.15

Acara dilanjutkan dengan Pemeriksaan Hasil Tindak Lanjut Temuan Hakim Pengawas Bidang, kemudian pemberian materi pendampingan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) diruang aula sidang hingga pukul 17.00 WIB. Acara dilanjutkan pada pukul 20.00WIB dengan penyampaian materi APM dari Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Jambi H. Idris Latif, S.H., M.H

WhatsApp Image 2021 09 15 at 12.09 tile

Terakhir sebelum mengakhiri acara Ketua Pengadilan Agama Kuala Tungkal Zakaria Ansori, S.H.I., M.H diberi waktu untuk mempresentasikan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dihadapan Hakim Tinggi dan Sekretaris PTA Jambi. (DL)

Briefing Pagi Petugas PTSP Pengadilan Agama Kuala Tungkal

Briefing Pagi Petugas PTSP Pengadilan Agama Kuala Tungkal

Kuala Tungkal - Senin, 15 September 2021 tepat pukul 08:00 WIB telah dilaksanakan Briefing Pagi Petugas Layanan yang dipimpin langsung Wakil Ketua Pengadilan Agama Kuala Tungkal Sri Rizki Dwi Putri, S.H. M.H. dan didampingi Panitera  Pengadilan Agama Kuala Tungkal Ghozi, S.Ag., MA.

Halaman 1 dari 69

Informasi dan data pada WebPortal ini dipublikasikan oleh Pengadilan Agama Kuala Tungkal dengan tujuan penyediaan Informasi Publik. Dan untuk dapat menggunakan layanan ini Anda WAJIB menyetujui Disclaimer ini. Ada kemungkinan bahwa informasi yang tersedia dalam database ini mungkin berisi referensi atau informasi yang belum terupdate sehingga tidak ada jaminan bahwa data dan informasi yang tersedia dalam kondisi akurat, lengkap, terkini atau pun sesuai untuk tujuan spesifik lainnya. Pengadilan Agama Kuala Tungkal yang menyediakan data, tidak bertanggung jawab atas kerugian baik langsung ataupun tidak langsung, pengeluaran dan biaya yang diakibatkan oleh pihak lain yang menggunakan informasi dan data yang tersedia pada WebPortal ini.
Copyright © 2016 - 2021 | PA.Kuala Tungkal